pengunjung...

KONSEP 5R DALAM LINGKUNGAN


1.       RECYCLE (mendaur ulang)
Kegiatan mengolah kembali sampah atau mendaur ulang sampah. Pada prinsipnya, kegiatan ini memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materialnya untuk dapat digunakan lebih lanjut. Contoh : memanfaatkan dan mengolah sampah organic untuk dijadikan pupuk kompos.
2.       REUSE (penggunaan kembali)
Kegiatan menggunakan kembali material atau bahan yang masih layak pakai. Contoh : kantong plastic dan baterai isi ulang.
3.       REDUCE (pengurangan)
Kegiatan mengurangi pemakaian atau pola perilaku yang dapat mengurangi produksi sampah serta tidak melakukan pola konsumsi yang berlebih. Contoh : menggunakan alat makan atau dapur yang tahan lama, penggunaan Aqua gallon, dll.
4.       REPLACE (penggantian)
Kegiatan untuk mengganti pemakaian suatu barang atau memakai barang alternative yang sifatnya lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali. Upaya ini dinilai dapat mengubah kebiasaan seseorang yang mempercepat produksi sampah. Contoh : mengganti kantong plastic dengan tas belanja.
5.       REPLANT (penanaman kembali)
Kegiatan melakukan penanaman kembali. Contoh : melakukan kegiatan kreatif seperti membuat pupuk kompos dan berkebun di pekarangan rumah.


Dengan menerapkan 5 R kita dapat ikut serta dalam melestarikan dan memelihara lingkungan agar tetap terjaga dan tidak rusak.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog...

Diberdayakan oleh Blogger.

pengunjung online